Jangan Lewatkan :

Thursday, August 29, 2013

Speaker SPU 1020-U

Speaker Aktif SPU 1020-U

Assalamu'alaikum ....

Ada rencana mau beli speaker aktiv untuk komputer / laptop....
Speaker ini bisa juga jadi referensi yang cocok untuk komputer / laptop karena
hasil suara yang saya dengar dari dua buah speaker kecil bersih.

Ini hasil penilaian total menurut opini telinga saya  :
Nilai suara Bass = 7
Nilai suara Mid = 7
Nilai suara Trebel = 7

Suara vokal tidak terlalu keluar pada subwoofer membuat hasil bass jernih, itu didukung oleh 3 buah IC filter yang terdapat pada rangkaian elektronik nya :


Sangat jarang saya liat sebuah speaker aktif komputer menggunakan IC filter sampe 3 buah 4558D. biasanya IC yang digunakan pada rangkaian filter subwoofer adalah LM324.
Jadi soal Bass memang dalem lah seperti dummmb....
Rangkaian untuk suara mid dan trebel juga pakai IC 4558D juga gilak ga....

Klik link berikut untuk liat foto nya :

Hanya saja kalau kita menggeber suara bass tanpa akal pikiran yang sehat akan berakibat fatal terhadap komponen unit ini. Sebab dalam pengetesan volume saya putar arah jam 12... =>  4 buah dioda power supply panas bukan main, Heatsink IC Final juga panas. Suara Bass harus kecilkan agar tidak geber.
Jika dalam waktu 5 menit terus menerus seperti alamat jebol..
Trafo yang digunakan juga cukup saya rasa untuk 1 buah IC TDA7377 saya kira sekitar 12 V/2,5 A.



Akhir kata jika anda perlu speaker minimalis fungsionalis dan tidak materialis bisa di coba yang ini deh.
bisa juga langsung di colokin flasdisk ataupun MMC yang sudah ada MP3 nya dan sudah ada port untuk headphone untuk private listening.
Semoga bermanfaat buat rekan yang butuh speaker mini di kamar atau kantor ...

No comments:

Post a Comment