Jangan Lewatkan :

Tuesday, September 3, 2013

Memperbaiki Epson T13 yang paper jam

 Memperbaiki Epson T13 Paper Jam


Printer Epson T13 memang cocok sekali digunakan untuk warnet yang juga menyediakan menu print, printer epson T13 ini cukup handal pada bagian catrigdenya, saya jamin deh.

Saya menggunakan printer ini sudah 7 bulan dengan total jumlah printer 85.000 lembar atau sama dengan 170  rim kertas F4 ataupun A4.

Namun masalah printer ini adalah ASF (roda penarik kertas atas) yang mudah aus, dan memang wajar lah harus diganti, namun spare part epson susah di dapat, tapi spare part brother lebih susah lagi yah.

Namun saya perhatikan memang ada yang aus atau longgar di bagian pin gigi  kecilnya.
Saya googling di antero blogspot memang banyak juga yang memberikan tutorial nya, thanks dah ya.

Saya coba berbagai macam cara seperti mengganjal bagian pin yang longgar dengan plastik, alumanium, karet. bongkar pasang memang asik lah tapi hasil nya NIHIL. Bunyi gerk gerk gerk gerk ga ilang juga.

Terpaksa deh beli yang baru kebetulan harus pesan dulu, stok tak ada.  Besoknya baru lah sampe barang saya langsung bandingkan yang masih baru dan yang sudah aus.

Perbedaan hanya pada yang aus dan warna. yang baru itam dan yang aus abu-abu. Apakah yang membuat ASF ni tak bisa digunakan lagi ya.... bingung saya....

Karena kalau cuman yang aus itu sudah saya ganjal dengan baik tidak goyang lagi tapi gag bisa juga di pake.
Pasti ada roda gigi yang sudah lari dari jalur sekitar 0,000 mm dan tak terlihat oleh mata telanjang.




 Apa bedanya ?



Namun setelah diganti masih juga bunyi-bunyi dan susah narik kertas, ternyata komponen ini harus diganti satu set dengan gigi tarik penggerak yang disebelah kiri sekaligus.

Kerusakan ini terjadi justru karena gigi tarik nya sudah pada longgar dimakan usia. Pada saat printer akan menarik kertas gigi tarik sebelah kiri akan merenggang akibat dari memuainya plastik penahan gigi penggerak gigi ASF nya. Jadi penggantian ASF saja tidak memberikan perubahan apa-apa. Harus keseluruhan dari gigi dan ASF diganti.
Gigi Penggerak ASF Epson T13
Tapi jarang sekali yang menjual satu set seperti ini. Saya beli ASF nya saja Rp. 150.000,-
dan untuk gigi penggerak tidak ada dijual harus indent.

Saya sudah punya cara yang murah dan mudah menyelesaikan kasus ini dan 100% berhasil, namun saya ga bisa menjelaskan disini.
Maaf yach..... Bisnis



Sekian deh.....huh...

No comments:

Post a Comment